< Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Kami. Semua konten yang di download dari blog ini adalah GRATIS!

Monday, November 23, 2009

KEPALA SEKOLAH DAN INOVASI PENDIDIKAN


BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Indikasi perkembangan kemajuan zaman yang semakin tanpa batas dan dikemas dalam frame globalisasi, membuktikan bahwa adanya peningkatan Human Resources dari hari ke hari. Peningkatan ini semakin menunjukkan lompatan dan percepatan yang luar biasa. Percepatan peningkatan SDM ini apabila kita telaah dari sektor industri jelas memiliki hubungan yang signifikan, dan sektor industri telah siap mengantisipasi kearah itu, dengan berbagai istilah sertifikasi yang ada di dunia industry menuntut peningkatan SDM bahkan SDA.

Sehubungan dengan narasi di atas, apabila kita tarik dalam dunia pendidikan maka akan ada benang merah yang mengarah pada pertanyaan, “sudah siapkah lembaga pendidikan/sekolah mengantisipasi percepatan kemajuan zaman tersebut?”. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, perlu upaya ekstra keras dari sivitas lembaga pendidikan dalam mempersiapkan infrastrukturnya baik perangkat keras, maupun perangkat lunak.

Salah satu bentuk yang jelas terlihat dari paparan di atas adalah adanya perubahan sekolah dalam mempersiapkan perangkat keras, perangkat lunak, dan sumber daya manusianya. Sebab sebagai menara gading maka sekolah identik dengan mencetak cendikia-cendikia yang cerdik, cerdas, jujur, dan bertanggung jawab. Perubahan sekolah akan diawali dari manajerial sekolahan, mulai dari Planning/Perencanaan, Organizing/Pengorganisasian, Actuating/Pengerahan, dan Controlling/Pengawasan (POAC).

Secara teoritis, organisasi sekolah dalam menyelenggarakan programnya terlebih dahulu menyusun tujuan dengan baik yang penerapannya dilakukan secara efektif dan efisien dalam proses belajar mengajar (PBM). Keefektifan organisasi sekolah tergantung pada rancangan organisasi dan pelaksanaan fiingsi komponen organisasi yang meliputi proses pengelolaan informasi, partisipasi, pelaksanaan tugas pokok organisasi, perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian.

Kepala sekolah memiliki peranan yang sangat kuat dalam mengkoordinasikan, menggerakkan, dan menyerasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia di sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran sekolahnya melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap. Kepala sekolah dituntut mempunyai kemampuan manajemen dan kepemimpinan yang memadai agar mampu mengambil inisiatif dan prakarsa untuk meningkatkan mutu sekolah.

Edmonds (Sagala: 2005) tentang sekolah efektif menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sedemikian penting untuk menjadikan sebuah sekolah pada tingkatan yang efektif. Asumsinya adalah bahwa sekolah yang baik akan selalu memiliki kepala sekolah yang baik, artinya kemampuan profesional kepala sekolah dan kemauannya untuk bekerja keras dalam memberdayakan seluruh potensi sumber daya sekolah menjadi jaminan keberhasilan sebuah sekolah. Untuk lebih mengefektifkan pelaksanaan pekerjaannya dan dapat mendayagunakan seluruh potensi sumber daya yang ada di sekolah maka kepala sekolah harus memahami perannya.

Kehadiran kepala sekolah sangat penting karena merupakan motor penggerak bagi sumber daya sekolah terutama guru, karyawan, dan anak didik. Begitu besarnya peranan sekolah dalam proses pencapaian tujuan pendidikan, sehingga dapat dikatakan bahwa sukses tidaknya inovasi pendidikan dan kegiatan sekolah sebagian besar ditentukan oleh kualitas kepemimpinan yang dimiliki oleh kepala sekolah. Namun, perlu dicatat bahwa keberhasilan seorang pemimpin dalam melaksanakan tugasnya, tidak ditentukan oleh tingkat keahliannya dibidang konsep dan teknik kepemimpinan semata, melainkan lebih banyak ditentukan oleh kemampuannya dalam memilih dan menggunakan teknik atau gaya kepemimpinan yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang dipimpin.

Pandangan diatas menunjukan begitu pentingnya menelaah dan membahas kembali tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam melaksanakan inovasi pendidikan agar tercipta sekolah efektif dan berkwalitas.

B. Rumusan Masalah

Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam makalah ini adalah:

  1. Apa saja tugas yang harus dilaksanakan kepala sekolah?
  2. Apa saja inovasi yang harus dilakukan untuk mewujudkan sekolah efektif?
  3. Bagaimanakah peran kepala sekolah dalam melaksanakan inovasi pendidikan?

C. Tujuan

Adapun yang menjadi tujuan disusunnya makalah ini adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui tugas yang harus dilaksanakan oleh kepala sekolah,
  2. Untuk mengetahui inovasi yang harus diwujudkan agar terciptanya sekolah efektif,
  3. Untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam melaksanakan inovasi pendidikan.

D. Sistematika Penulisan

Adapun penulisan makalah ini menggunakan metode deskriptif, yaitu menggambarkan tentang peran kepala sekolah dalam melaksanakan inovasi pendidikan di sekolah. Dengan menggunakan teknik Library Research (tinjauan pustaka).


BAB II

PEMBAHASAN

A. Peran dan Tanggungjawab Kepala Sekolah

Sumber : makalah Mahasiswa Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Unsyiah

Untuk Download File asli klik disini


0 comments:

Post a Comment

Mohon Komentarnya..