< Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Kami. Semua konten yang di download dari blog ini adalah GRATIS!

Wednesday, December 9, 2009

PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP PENDIDIKAN NASIONAL DAN DAERAH

Makalah

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan, baik formal maupun nonformal, adalah sarana untuk pewarisan kebudayaan. Setiap masyarakat mewariskan kebudayaannya kepada generasi yang lebih kemudian agar tradisi kebudayaannya tetap hidup dan berkembang, melalui pendidikan.
Sudah lama orang mempertanyakan pendidikan kita, Mengapa kebijakan pembaharuan pendidikan di tanah air kita dapat dikatakan senantiasa gagal menjawab problem masyarakat? mengapa hasilnya tidak memperkuat dan mengembangkan budaya sendiri? Mengapa bangsa kita mudah larut dalam pengaruh budaya yang datang dari luar? Mengapa budaya asli kita tidak dapat menahan banjir bandang globalisasi yang datang? Pendidikan kita selama ini menjadi sarana pewarisan budaya atau tidak?
Pertanyaan-pertanyaan di atas telah mewakili kegelisahan para pelaku pendidikan. Pendidikan yang selama ini kita harapkan sebagai upaya pembentukkan perilaku/proses pembudayaan dan penanaman nilai, ternyata tidak berhasil membawa peserta didik dalam mengembangkan sikap dan kebudayaan sendiri, bahkan larut dalam kontak budaya (cultural contact) dengan budaya asing yang belum tentu memiliki nilai yang baik untuk diterapkan dalam lingkungan sekitarnya. ( Kompas.com, 5 Agustus 2004)
Atas dasar itu, maka dalam makalah ini akan dibahas mengenai bagaimana peran pendidikan nasional sebagai pengiring kebudayaan nasional, karena secara tidak langsung dalam proses pembelajaran (pendidikan) di sekolah telah terjadi proses pembudayaan kepada peserta didik?


B. Rumusan Masalah
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam makalah ini adalah:
1. Bagaimanakah pendidikan nasional sebagai wujud kebudayaan nasional?
2. Bagaimana sistem pendidikan traditional dan modern?
3. Bagaimanakah pendidikan nasional indonesia dampak globalisasi dalam era reformasi pendidikan?

C. Tujuan
Adapun yang menjadi tujuan disusunnya makalah ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui pendidikan nasional sebagai wujud kebudayaan nasional,
2. Untuk mengetahui sistem pendidikan traditional dan modern,
3. Untuk mengetahui pendidikan nasional indonesia dampak globalisasi dalam era reformasi pendidikan.



D. Ruang Lingkup
Ruang lingkup penulisan ini hanya berkisar pada dampak perkembangan pendidikan dan budaya global terhadap pendidikan nasional dan daerah, dan bagaimana langkah antisipasi serta penanggulangannya.

E. Sistematika Penulisan
Adapun penulisan makalah ini menggunakan metode deskriptif, yaitu menggambarkan perkembangan pendidikan dan budaya global terhadap pendidikan nasional dan daerah. Dengan menggunakan teknik Library Research (tinjauan pustaka).


BAB II
PEMBAHASAN
...........

Sumber : Makalah Mahasiswa Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Unsyiah

Mau Download makalah ini selengkapnya? silahkan klik disini

0 comments:

Post a Comment

Mohon Komentarnya..